Aplikasi Mata-Mata Ubah Smartphone Jadi "Musuh" Anda

WASHINGTON - Smartphone di tangan Anda bisa saja dibajak dan digunakan sebagai aksesori untuk pencurian virtual. Pasalnya, sebuah aplikasi baru diciptakan bisa memetakan situasi di sekeliling smartphone yang dibajak.
Dilansir dari Live Science, Rabu (3/10/2012), peneliti militer Amerika Serikat (AS) telah menciptakan sebuah aplikasi mobile yang membuat peta 3D dari lingkungan sekitar smartphone. Aplikasi tersebtu bernama PlaceRaider.
Para peneliti di Naval Surface Warfare Center mengatakan PlaceRaider bisa menyamarkan dirinya sebagai aplikasi kamera biasa untuk smartphone Android.
Aplikasi ini diam-diam menggunakan kamera ponsel untuk mengambil gambar baru, sementara dia memotret,  juga mengumpulkan data orientasi dari accelerometer telepon genggam. Accelerometer merupakan alat yang berfungsi membolak-balik layar.
PlaceRaider kemudian dapat meng-upload informasi itu ke komputer pusat yang menggabungkan gambar terbaik ke dalam peta virtual 3D rumah seseorang atau kantor.
"Kami mengembangkan dan menunjukkan alat yang memungkinkan penyerang bisa memvisualisasikan dan menavigasi ruang korban dalam bentuk 3D," ujar seorang teknisi di Naval Surface Warfare Center, Robert Templeman.
"Ini memungkinkan mereka bisa cepat mengetahui sebuah daerah yang diduga berisi informasi sensitif atau pribadi. Selanjutnya menerima target dan foto beresolusi tinggi,"