[Tutorial] Hack Ponsel Symbian Dengan Mudah Tanpa Sertifikat dan Tanpa PC

Dengan meng-hack Symbian, kamu bisa meng-instal semua aplikasi. Sedangkan jika kamu tidak menghack maka kamu hanya dapat memasang aplikasi signed(bersertifikat), tidak dapat memasang aplikasi unsigned/cracked.

Symbian

Sebelumnya saya sudah bahas metode ini pada artikel yang lama , tapi berhubung artikel tersebut terlalu pendek dan mungkin susah untuk di mengerti maka pada kesempatan ini saya akan buat lebih rinci dan semoga dengan ini kalian akan benar-benar mudah memaham apa yang akan dilakukan.
Silakan download semua program yang di perlukan di bawah:
>> X-Plore
>> tmquarantine.zip
>> mobile-security.zip
>> Rompatcherplus_v3.1_lite.sisx
>> all-installserver.zip
*Semua file di atas ada di host xtgem, jika file yang di download berukuran 0-1byte maka kamu harus mengklik ulang untuk mendownload ulang sampai ukurun file utuh.
Sebelum memulai tutorial, mohon perhatikan dan coba cermati dengan teliti apa yang harus dilakukan langkah demi langkah agar benar-benar kalian akan memperoleh hasil yang di inginkan yaitu ponsel berhasil dihack.
Metode hack ini sudah saya praktik-kan pada Nokia 5230, Nokia 5233, Nokia C5-03, dan benar-benar sukses di hack.
Baiklah saya akan mulai rincikan langkah demi langkah silakan di ikuti dengan benar.
Langkah 1
Instal/pasang aplikasi X-Plore, terus buka X-Plore. Sekarang yang kamu harus lakukan adalah meng-extract 4 file yang berada dalam tmquarantine.zip beserta foldernya yakni folder yang bernama tmquarantine, extract ke drive C, maka 4 file tersebut bertempat seperti di gambar ini. Sudah tepatkan meletakan filenya? Oke langkah pertama selesai.
Langkah 2
Instal MobileSecurity.sis, setelah penginstalan Mobile Security maka akan muncul sebuah permintaan untuk me-reboot ponsel, abaikan saja alias tekan tidak. Setelahnya Mobile Security ini akan otomatis terbuka dan akan menanyakan untuk me-upgrade software mereka lewat internet, abaikan saja alias tekan tidak. Jika kamu di minta untuk memasukan kode sandi, abaikan saja alias tidak perlu memasukan kode.
Masih berada dalam aplikasi Mobile Security, tekan Options=>Quarantine List, maka kamu akan melihat 3 buah file patch ldd, saat itu tekan Options=>Restoresampai 3kali sampai file patch tidak ada satupun. Sekarang kamu keluar dari aplikasi Mobile Security, dan langkah 2 telah selesai.
Langkah 3
Pada langkah ke-3 ini kamu harus mengextract hanya satu file installserver.exe yang ada dalam paket all-installserver.zip ke folder C:\sys\bin\.
Can't Open file/Can't Create dir???
Pasti kalian tidak bisa memindah installserver ke folder C:\sys\bin\, akan muncul sebuah peringatan "Can't open file", dan jika kamu ingin membuat folder dengan nama "bin" pada folder C:\sys\ maka akan muncul peringatan "Can't create dir", kalau begini BAGAIMANA BISA DAPAT MEMINDAH FILE INSTALLSERVER KE FOLDER C:\SYS\BIN\???.
Langkah 4
Pada langkah4 ini saya beri judul "Membebaskan Folder SYS(system) Yang dilindungi", agar dapat memindah installserver ke C:\sys\bin\.
Buka X-plore, extract file rompatcherplus_3_1_liteversion.sisx yang ada di dalam paket Rompatcherplus_v3.1_lite.zip, terus instalrompatcherplus_3_1_liteversion.sisx. Keluar dari aplikasi X-plore, sekarang buka aplikasi ROMPatcher+, pilih dan tekan ok pada patch Open4All RP+, jika berwarna hijau maka kamu sukses berhasil membuka folder SYS. Dan kamu dapat memindah installserver ke folder C:\sys\bin\.
Eiitts... tunggu dulu...
Langkah 5
Pada langkah ke-5 kita akan memindahkan installserver ke folder C:\sys\bin\, TAPI sebelum itu kamu harus mengetahui bahwa ada banyak file installserver.exe yang ada dalam paket all-installserver.zip, yang mana yang harus di pilih?
Beberapa installserver.exe sudah di beri folder sesuai seri ponsel, silakan di cari sesuai seri ponsel kamu.
Penjelasan:
S60v3 = Installserver 9-1 9-2 9-3
S60v5 = Installserver 9-4
Symbian^3(Anna Belle) = s^3installserver
Bagi yang tidak tahu installserver yang sesuai seri ponselnya bisa di tanyakan di kolom komentar.
Okeyh.. kalau sudah tau sekarang silakan letakkan installserver.exe ke folderC:\sys\bin\.
Langkah terakhir, buka ROMPatcher+, pilih dan tekan ok pada patch Install Server RP+, jika berwarna hijau maka instalserver sudah sesuai versi ponsel.
Terus pada masing-masing patch silakan tekan Options=>Add to Auto agar patch otomatis aktif saat rebooting ponsel.
Semua langkah sudah selesai, sekarang silakan instal aplikasi unsigned. Berhasil ? Selamat ponsel kamu sukses di hack.